Tenaga kerja yang terinspirasi dan termotivasi sangat penting untuk setiap bisnis yang berharap untuk tetap unggul dalam persaingan. Tapi bagaimana Anda memotivasi orang? Kepemimpinan seperti apa yang ditanggapi orang? Dan bagaimana Anda dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan dalam bisnis Anda?

Kesenjangan Inspirasi:

Dalam sebuah survei terhadap lebih dari satu setengah ribu manajer, orang-orang ditanya apa yang paling ingin mereka lihat dalam diri para pemimpin mereka. Jawaban paling populer, yang disebutkan oleh 55% orang, adalah ‘inspirasi’.

Ketika ditanya apakah mereka akan menggambarkan pemimpin mereka saat ini sebagai ‘inspiratif’, hanya 11% yang mengatakan ya. Dua atribut yang bersama anak muda kolaborasi medan berkah sebenarnya disebutkan orang paling sering ketika menggambarkan pemimpin mereka adalah ‘berpengetahuan’ dan ‘ambisius’. Selain kehausan akan kepemimpinan yang menginspirasi ini, ada juga bukti untuk mendukung gagasan bahwa perusahaan dengan pemimpin yang menginspirasi berkinerja lebih baik.

The Sunday Times menerbitkan survei tahunan ‘Perusahaan Terbaik untuk Bekerja’, yang disusun dari pendapat karyawan perusahaan sendiri. Satu fakta menarik adalah bahwa ‘Perusahaan Terbaik’ yang dikutip secara konsisten mengungguli FTSE All-Share Index. Pengembalian majemuk lima tahun menunjukkan pengembalian negatif 5,7% untuk perusahaan All-Share FTSE terhadap kenaikan 13,6% untuk Perusahaan Terbaik. Selama tiga tahun, pengembaliannya masing-masing -11,3% dan 6,7% sementara, dalam dua belas bulan terakhir, mereka adalah 23,1% dan 44%.
‘Perusahaan Terbaik untuk Bekerja’ juga telah tampil mengesankan dalam pergantian staf, tingkat penyakit, ketidakhadiran, dan kemampuan untuk merekrut orang-orang berkualitas.

Stereotip pemimpin inspirasional sebagai seseorang yang ekstrovert dan karismatik
adalah pengecualian daripada aturan. Melihat praktik terbaik di seluruh
bisnis, meskipun beberapa pemimpin inspirasional tentu cocok dengan cetakan ini, sebagian besar
tidak. Banyak yang pendiam, hampir introvert. Berikut ini adalah beberapa karakteristik pemimpin yang menginspirasi:

Fokus Strategis yang Kuat:

Mereka sangat pandai memastikan bahwa bisnis hanya melakukan hal-hal di mana ia memiliki sumber daya untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan di mana ia dapat menambah nilai nyata.

Pemikir Lateral:

Mereka khususnya mahir menggambar kolaborasi medan berkah pengalaman di luar sektor mereka sendiri dan mengambil pandangan yang jauh lebih luas daripada norma. Mereka melihat berbagai hal secara sangat lateral dan mendorong orang-orang mereka untuk melakukan hal yang sama.

Visi dan Komunikasi:

Pemimpin yang inspirasional memiliki visi yang sangat kuat dan berfokus pada pelanggan tentang ke mana arah bisnis ini. Yang penting mereka juga dapat mengkomunikasikan visi mereka sehingga orang-orang mereka merasa memilikinya dan tahu di mana mereka cocok. Para pemimpin terbaik adalah komunikator hebat yang lebih suka berbicara dengan jargon.

Berprinsip:

Mereka sangat berkomitmen, berani, menuntut diri mereka sendiri dan orang-orang mereka dan percaya diri, meskipun sering dengan cara yang tenang dan tidak jelas. Yang membedakan mereka adalah seperangkat nilai yang sangat kuat yang dibangun di atas kejujuran, keterbukaan, dan penghormatan sejati terhadap rakyat mereka.

Apa yang membuat pemimpin yang menginspirasi?

Reflektif:

Yang membedakan mereka adalah kerendahan hati yang tulus dan tidak takut untuk menunjukkan kerentanan pada kesempatan tertentu. Ini berasal dari periode refleksi reguler dan kehausan yang tak terpadamkan untuk belajar.

Pengambil resiko:

Mereka memiliki kecenderungan yang jelas untuk ‘membengkokkan aturan’, mengambil risiko yang diperhitungkan, dan, kadang-kadang, dibimbing oleh perasaan mereka. Mereka juga menoleransi hal ini pada orang lain, mengakui bahwa sejumlah fleksibilitas sangat penting untuk beradaptasi dengan keadaan dan membuat langkah nyata ke depan.

Dapat diakses:

Mereka meluangkan waktu untuk keluar dan berbicara kepada orang-orang. Kontak informal dan pribadi ini adalah motivator yang sangat kuat. Sama, ketika mereka berada di meja mereka sendiri, mereka tidak dikumpulkan di balik dinding PA.

Nilai Sikap:

Mereka menghargai keterampilan dan pelatihan dengan sangat tinggi, tetapi mereka juga sangat berfokus pada sikap, percaya bahwa, tanpa sikap dan motivasi yang benar, tidak ada yang akan dicapai.

Di bagian sebelumnya, kami melihat kualitas pemimpin yang mengilhami. Pertanyaannya adalah, mengapa sifat-sifat ini menghasilkan hasil?

Bayaran hanyalah salah satu komponen kepuasan kerja. Faktor-faktor lain seperti rasa hormat dan prestise bisa sangat penting dalam membuat staf merasa baik tentang pekerjaan mereka. Alasan mengapa kepemimpinan yang mengilhami menghasilkan hasil adalah karena ia berkontribusi langsung untuk memenuhi banyak kebutuhan emosional orang.

Berikut ini adalah beberapa cara praktik terbaik dalam kepemimpinan berkontribusi pada peningkatan kepuasan kerja, motivasi, dan produktivitas.

Mengapa orang merespons pemimpin

Dengarkan:

Sebuah bisnis di mana hanya manajer senior yang diizinkan untuk ‘memiliki ide’, jarang mencapai kepuasan staf yang luar biasa. Para pemimpin yang inspirasional meminta, dan menghormati, apa yang dikatakan orang-orang mereka tentang cara melakukan sesuatu dengan lebih baik, dan mereka menyediakan sumber daya untuk memastikan bahwa solusi diberikan.

Terlibat:

Para pemimpin yang inspirasional melibatkan orang-orang mereka dalam perubahan agar mereka menjadi sukses. Mereka memberi rakyat mereka kebebasan dan dukungan untuk melanjutkan pekerjaan. Ketika Anda berjalan di sekitar perusahaan-perusahaan ini, ada listrik di udara – Anda dapat merasakan energi dan dengungan.

Bersenang-senang:

Di perusahaan yang sukses, orang bekerja keras tetapi menikmati sendiri dalam prosesnya. Kegembiraan adalah indikator hebat bahwa suatu organisasi inovatif dan juga merupakan pendorong inovasi utama. Di ‘100 Perusahaan Terbaik untuk Bekerja’, Anda melihat banyak kesenangan di tempat kerja.

Menjadi Tepercaya:

Bukan kebetulan bahwa, ketika Anda bertanya kepada orang-orang bagaimana rasanya bekerja di organisasi yang dijalankan oleh seorang pemimpin yang penuh inspirasi, mereka berbicara tentang keterbukaan, kejujuran, rasa hormat, dan kepercayaan. Perusahaan-perusahaan ini dapat membanggakan staf yang sangat berkomitmen yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan mereka.

Dihormati:

Pengakuan adalah elemen inspirasi yang sangat penting, dan beberapa hal lebih kuat, atau sederhana, daripada ‘terima kasih’ yang tulus. Para pemimpin inspirasional tahu bahwa penting bagi orang untuk merasa dihargai dan dihargai, sehingga mereka menunjukkan penghargaan mereka melalui perayaan sukses yang luas – baik secara formal maupun informal.

Ringkasan:

Para pemimpin terbaik mempromosikan budaya di mana orang-orang mereka menghargai diri mereka sendiri, satu sama lain, perusahaan dan pelanggan. Semua orang mengerti bagaimana pekerjaan mereka membuat perbedaan. Ini membantu membangun komitmen terhadap standar yang lebih tinggi di mana setiap orang selalu mencari untuk melakukan hal-hal yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *