Apakah Anda memiliki minat dalam bidang psikologi dan Anda ingin tahu apa yang terjadi dalam pikiran orang lain? Jika Anda bersemangat tentang psikologi, dan Anda berpikir itu bisa menjadi pilihan karir yang tepat untuk Anda, maka Anda masih ingin tahu tentang berbagai bidang spesialisasi di bidang ini, dan memutuskan salah satu dari mereka. Misalnya, gelar psikologi forensik dapat menjadi pilihan yang baik untuk Anda jika Anda tertarik pada psikologi, dan memiliki rasa ingin tahu yang sama untuk sistem peradilan pidana dan kriminologi. Untuk menjadi seorang psikolog forensik, Anda akan memerlukan gelar doktor atau master di lapangan, bersama dengan pelatihan khusus seperti magang, fellowship atau pekerjaan kursus tambahan.

Siapa yang bisa memperoleh gelar psikologi forensik?

Gagasan memulai karir sebagai psikolog forensik dapat terdengar menarik bagi banyak orang. Program TV seperti Dexter dan Bones hanya memiliki aplikasi psikologi positif sesuatu yang berkaitan dengan ilmu forensik, dan mereka telah mengumpulkan banyak penggemar. Menonton program semacam itu memberikan pandangan yang sangat mulia dan romantis dari seorang spesialis forensik. Namun dalam kehidupan nyata, seorang psikolog forensik tidak bekerja serapi yang ditunjukkan di TV. Jika Anda berpikir bahwa menjadi spesialis forensik akan memberi Anda sesuatu yang sangat panas untuk dilakukan, maka mungkin jalur karier ini bukan yang tepat untuk Anda. Untuk memperoleh gelar psikologi forensik, Anda harus pergi ke sekolah selama beberapa tahun, mendapatkan gelar lanjutan di bidangnya, dan gelar doktoral untuk menjadi psikolog forensik profesional.

Selain dedikasi, Anda juga perlu memiliki cinta untuk psikologi, bersama dengan sistem peradilan pidana. Menjadi psikolog forensik, Anda akan membawa keadilan bagi para korban kejahatan. Anda harus memiliki keberanian untuk meminta pertanggungjawaban penjahat atas hal-hal buruk yang telah mereka lakukan. Anda harus memiliki kemauan untuk bekerja dengan pelaku, dan memberikan evaluasi yang dapat mengirim mereka ke penjara atau membebaskan mereka. Dari pengetahuan teoretis hingga keterampilan analitis, Anda perlu memberikan yang terbaik setiap kali Anda mengerjakan suatu kasus. Jika Anda memiliki semua kualitas ini, maka Anda adalah orang yang tepat untuk memperoleh gelar psikologi forensik dan mengejar karir di bidang ini.

Apa tingkat psikologi forensik yang terlibat?

Apa yang akan diajarkan program gelar Anda tergantung pada tujuan dan ruang lingkupnya. Gelar psikologi forensik yang berfungsi penuh akan memberi Anda pengetahuan lengkap tentang:

Secara akurat membangun jaringan Psikologi Konseling dengan pengacara, hakim, dan profesional hukum
Memahami prosedur pengadilan khusus sehingga Anda dapat mempertahankan kredibilitas Anda di dalam ruang sidang
Penilaian risiko masa depan
Evaluasi kredibilitas saksi
Memahami kondisi pikiran penjahat atau korban, sehingga putusan yang benar dapat dibuat oleh pengadilan
Lingkup gelar psikologi forensik

Beberapa lulusan dengan gelar psikologi forensik mencari pekerjaan di lembaga pemasyarakatan, klinik psikiatris, pengaturan pengadilan dan lembaga penegak hukum. Pekerjaan pemerintah di bidang psikologi forensik juga ada, terutama di tim penyidik ​​TKP dan tim forensik. Di ruang sidang, Anda dapat menemukan pekerjaan sebagai konsultan juri, atau sebagai spesialis saksi. Penjara dan pusat rehabilitasi juga dapat mempekerjakan Anda untuk bekerja dengan para tahanan. Sebagai pekerja kasus, Anda dapat mengawasi narapidana, atau bekerja dengan pelanggar untuk mendidik atau merawat mereka.

Setelah Anda memperoleh gelar psikologi forensik, Anda juga dapat memberikan pengetahuan Anda kepada siswa lain dengan menjadi seorang pendidik di universitas atau perguruan tinggi. Karier Anda akan dimulai dengan pendapatan tahunan $ 35.000 hingga $ 40.000, sementara konsultan sektor swasta dapat memulai dengan menghasilkan lebih banyak. Namun, penghasilan Anda sebagai psikolog forensik tergantung pada keterampilan, pengalaman, pendidikan, dan sektor pekerjaan Anda.

Untuk menyimpulkan

Memilih gelar psikologi forensik terbaik untuk karir Anda bisa menjadi tugas yang menantang. Saat membuat keputusan penting ini, Anda harus ingat apakah spesialisasi tertentu atau gelar gabungan lebih cocok untuk Anda. Penting juga untuk memahami perbedaan antara forensik, peradilan pidana dan program psikologi kriminal, sehingga Anda dapat mengejar pendidikan khusus yang Anda cari. Juga ingat bahwa Ph.D. Program psikologi klinis dapat menjadi pilihan yang baik untuk karier psikologi, terutama jika ditambah dengan program sertifikat peradilan pidana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *